Saturday, August 25, 2018

Peluang Bisnis Yogurt






Jual Starter Yogurt
087875885444

Yogurt adalah salah satu produk olahan susu yang difermentasi dengan menggunakan bakteri asam laktat. Dengan teknik fermentasi menggunakan bakteri asam laktat dihasilkan yogurt yang memiliki cita rasa khas yaitu asam manis, tekstur lembut, sehingga rasanya lebih nikmat dan segar dibandingkan susu tanpa fermentasi. Produk yogurt semakin populer di Indonesia dan peminatnya juga semakin besar. Di pasaran dapat kita jumpai berbagai aneka produk yogurt dengan berbagai cita rasa dan kemasan yang diproduksi oleh produsen besar atau home industri.
Selain kandungan nutrisinya yang tinggi, kandungan bakteri asam laktat pada yogurt dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan. Berbagai riset telah membuktikan bahwa yogurt memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan bila dikonsumsi. Beberapa referensi menyebutkan manfaat mengonsumsi yogurt antara lain adalah: 1.Kandungan asam laktat memperlancar proses pembuangan feses (kotoran) dan membantu membuang bakteri patogen yang berbahaya yang terdapat pada saluran pencernaan; 2. Meningkatkan sistem kekeblan tubuh; 3.Mengurangi risiko terkena osteoporosis karena kalsium yang tinggi berguna untuk perkembangan tulang, gigi dan mencegah kerapuhan tulang; 4. Kandungan asam laktat dapat menurunkan kolestrol; 5. Melindungi usus besar dari zat-zat prekarsinogik yang ada dalam saluran pencernaan sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar; 6. Mengurangi risiko terkinfeksi yeast seperti candida albicans pada vagina yang menyebabkan keputihan; 8.       Membantu program  diet karena dapat digunakan sebagai pengganti makan malam dan membantu melancarkan pembuangan secara teratur dan bersih.
Proses pembuatan yogurt adalah seperti berikut ini:
1.        Susu segar dipanaskan sampai suhu 90 °C dan selalu diaduk supaya proteinnya tidak mengalami koagulasi dipertahankan selama 1 jam. Apabila dilakukan pasteurisasi suhu pemanasannya adalah 70 – 75 °C, maka pemanasan dilakukan sebanyak dua kali.
2.        Kemudian, didinginkan sampai suhunya 37- 42 °C. Pendinginan tersebut dilakukan dalam wadah tertutup.
3.        Setelah suhu mencapai 37-42 °C maka dilakukan inokulasi / penambahan bakteri ke dalam susu tersebut sejumlah 50 – 60 ml/liter susu. Penambahan bakteri dilakukan dengan teknik aseptic (di dekat api).
4.        Setelah diinokulasi, selanjutnya diinkubasi atau diperam pada ruangan hangat (30-40 °C), dalam keadaan tertutup rapat selama 2-3 hari.
5.        Yogurt dapat ditambahkan potongan buah – buahan yang segar, cocktail, nata de coco atau dibekukan menjadi es, dapat pula dicampur dengan berbagai buah-buahan untuk dibuat juice (minuman segar).

No comments:

Post a Comment