Thursday, April 26, 2018

SUKSES BUDIDAYA PURWACENG DAN TANAMAN HERBAL

 

Purwaceng (Pimpinella alpina) adalah salah satu tanaman obat tradisional yang dikenal berkhasiat sebagai obat perkasa kaum lelaki. Purwaceng termasuk jenis tanaman yang langka dan belum banyak dibudidayakan. Tanaman Purwaceng merupakan tanaman herba menahun, dengan tinggi antara 5-10 cm batang tak berkayu, bulat, berongga, berwana hijau, dan beralur. Daun tunggal, pertualangan menyirip, berwarna hijau dan berbau aromatis. Seluruh bagian tanaman purwaceng dapat digunakan sebagai obat tradisional, terutama akar. Pada bagian akar memiliki kandungan senyawa yang bersifat sebagai afrosidiak (mampu meningkatkan gairah seksual dan menimbulkan ereksi), diuretik (melancarkan saluran kencing) dan tonik (meningkatkan stamina tubuh).
 Pada umumnya tumbuhan atau tanaman yang berkhasiat sebagai afrosidiak mengandung senyawa-senyawa turunan saponin, sterol, alkaloid, tanin, dan senyawa-senyawa lain yang berkhasiat sebagai penguat tubuh serta memperlancar peredaran darah.  Beberapa penelitan menyatakan bahwa pada akar purwaceng juga mengandung senyawa kumarin yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri, anti fungi dan anti kanker. Kandungan bahan yang dimiliki oleh tanaman purwaceng tersebut khususnya bahan yang bersifat afrodisiak dan tonic menyebabkan keberadaannya semakin dicari orang. Kini, tanaman purwaceng semakin populer dan nilai jualnya semakin tinggi. Berbagai perusahaan obat modern dan jamu tradisional telah mengolah dan mengemas menjadi produk yang sudah banyak beredar dan banyak diminati oleh masyarakat.
                Dengan semakin meningkatnya penggunaan akar Purwaceng sebagai bahan obat obatan yang sangat bekhasiat, menyebabkan meningkatnya permintaan produksi akar Purwaceng. Ini menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk melakukan budidaya tanaman Purwaceng secara intensif. Budidaya tanaman Purwaceng jika dilakukan secara intensif tentu akan meningkatkan produksi dan mampu memenuhi permintaan industri jamu dan obat-obatan di Indonesia. Untuk melakukan usaha budidaya tanaman Purwaceng secara intensif, maka diperlukan pemahaman dan teknik budidaya secara baik dan benar, serta tersedianya bibit yang berkualitas. Selamat Mencoba!

Tersedia Aneka Bibit Tanaman:
1.       Purwaceng
2.       Sirih merah
3.       Zirzak
4.       Daun dewa
5.       Buah naga
6.       Dan tanaman obat lainnya

No comments:

Post a Comment