Thursday, April 26, 2018

Prospek Bisnis Tepung Mocaf


Agrotekno Sarana Industri
087875885444
Jual Formula Pembuatan Tepung Mocaf

Jual Tepung Mocaf Rp.6000 / Kg kapasitas 5 -10 ton per hari




Salah satu bahan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia adalah tepung terigu. Tepung terigu banyak diolah untuk menghasilkan produk seperti kue, roti, mie, bakso, dan aneka produk jajanan yang banyak beredar di toko-toko atau supermarket. Di Indonesia, industri berbahan baku tepung terigu berkembang sangat pesat, sehingga permintaan terhadap tepung terigu sangat tinggi sedangkan produksi tepung terigu nasional masih sangat rendah dikarenakan iklim di Indonesia tidak sesuai untuk tanaman gandum yang merupakan tanaman sub-tropis. Oleh karena itu, konsumsi tepung terigu nasional masih dipasok dari tepung terigu impor. Ketergantungan terhadap tepung terigu impor yang harganya juga fluktuatif dipengaruhi oleh perdagangan internasional sangat tidak menguntungkan bagi konsumen rumah tangga dan industri di Indonesia.oleh karena itu pentingnya mencari terobosan yang dapat menjadi solusi terhadap ketergantungan terigu impor.

Salah satu terobosan yang telah dikembangkan adalah mengolah singkong menjadi tepung mocaf (modified cassava flour) yaitu tepung singkong yang dimodifikasi yang memiliki karakteristik mirip dengan terigu yaitu putih, lembut, tidak berbau, daya simpannya lebih lama, sehingga dapat menjadi produk substitusi terhadap produk tepung terigu. Tepung mocaf mampu mensubstitusi tepung terigu 30-70 %  tanpa menurunkan kualitas produk olahan. Harga tepung mocaf   masih bisa bersaing dengan produk tepung terigu maupun dengan produk tepung lainnya. Untuk dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan laba, maka dapat dilakukan efesiensi produksi dan upaya mendapatkan bahan baku yang murah dengan mengembangkan pertanian singkong sebagai bahan baku tepung mocaf secara intensif serta dengan mengembangkan sistem kemitraan dengan para petani.
Pengembangan teknologi proses pembuatan tepung mocaf sangat membantu ekonomi kerakyatan Indonesia yang perlu kita dukung dan galakan. Inovasi produk tepung cassava merupakan terobosan baru yang memberikan manfaat banyak khususnya kepada konsumen rumah tangga dan industri-industri makanan yang bergantung pada bahan dasar tepung terigu. Produksi tepung mocaf juga telah banyak memberikan manfaat pada para petani singkong. Saat ini para produsen tepung mocaf telah bekerjasama dengan para petani singkong dengan sistem kemitraan. Hal ini telah banyak membantu para petani untuk meningkatkan kesejahteraan.

Prospek pengembangan bisnis tepung mocaf cukup bagus dilihat dari prospek pasar dan ketersediaan singkong sebagai bahan baku yang cukup melimpah. Ketersediaan bahan baku singkong yang cukup melimpah di dalam negeri menyebabkan biaya produksi bisa lebih efesien dibandingkan dengan produk terigu yang mana bahan gandum masih sebagian besar impor. Ketersediaan bahan baku singkong yang cukup melimpah di Indonesia dengan harga yang relatif murah, kemungkinan kelangkaan produk dapat dihindari karena tidak tergantung dari impor seperti gandum. Dengan biaya produksi yang lebih rendah maka harga jual tepung mocaf bisa lebih murah dibandingkan dengan harga tepung terigu maupun tepung beras. Harga tepung mocaf yang lebih murah dibandingkan dengan terigu menjadi daya tarik yang besar bagi industri-industri makanan yang berbahan baku tepung. Hal ini menjadi peluang bisnis yang cukup menarik karena memiki potensi pasar yang besar dan margin laba yang cukup tinggi.




Bravo, Selamat Berwirausaha!!!

No comments:

Post a Comment