Thursday, April 26, 2018

Budidaya Ayam Kampung Secara Intensif


 

Agrotekno Sarana Industri
087875885444
Jual Probiotik Untuk Meningkatkan Kecernaan Dan FCR


Ayam kampung merupakan hewan unggas yang sudah semenjak dahulu dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia sebagai penghasil daging dan telor. Cita rasa ayam kampung yang lebih unggul dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam broiler tersebut membuatnya kini kian diminati . Saat ini aneka kuliner ayam kampung dari warung kelas lesehan hingga restoran papan atas sudah semakin menjamur. Beberapa kuliner ayam kampung yang sudah cukup populer antara lain adalah: ayam kampung goreng, ayam kampung bakar, soto ayam kampung, soup ayam kampung, sate ayam kampung, dan lain-lain. Sedangkan telor ayam kampung banyak dikonsumsi sebagai jamu untuk meningkatkan stamina karena kandungan gizinya yang tinggi.
Menjamurnya kuliner ayam kampung telah mendongkrak popularitas ayam kampung sebagai bisnis yang cukup prospektif di tanah air. Adanya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi daging ayam kampung dengan kandungan lemak yang rendah, turut memacu meningkatkan permintaan daging ayam kampung. Meskipun harganya relatif lebih mahal sedikit, namun penggemar daging ayam kampung cukup besar, dan cenderung meningkat. Sedangkan pasokan daging ayam kampung masih sangat kurang, dan diprediksikan baru terpenuhi mencapai kurang lebih 30 % dari total pemintaan yang ada.
Keterbatasan pasokan daging ayam kampung tersebut disebabkan budidaya ayam kampung umumnya masih dilakukan secara tradisional tanpa dilakukan teknik pemeliharaan yang baik sehingga produktifitasnya rendah. Para peternak ayam kampung tradisional umumnya hanya dalam jumlah sedikit sebagai hobi atau untuk menghabiskan sisa-sisa makanan sekaligus sebagai sumber penyedia kebutuhan daging bagi rumah tangga. Namun seiring dengan meningkatnya permintaan daging ayam kampung, usaha budidaya ayam kampung mulai marak dan dilakukan secara intensif sehingga produktifitasnya bisa lebih ditingkatkan. Tidak hanya pasar dalam negeri, di manca negara pun ayam kampung kian digemari, seperti di Jepang sudah mulai dikembangbiakan hewan unggas ayam kampung secara intensif.

No comments:

Post a Comment