Friday, July 21, 2017

Rhizopus Oligosporus





Agrotekno Lab
087875885444
Jual Culture Rizhopus oligosporus


Rhizoporous Oligosporus adalah merupakan salah satu jenis fungi/jamur yang sering terdapat pada produk tempe. Rhizoporous Oligosporus  adalah jamur berjenis filamentous, dan bukan dari jenis bakteri. Jamur jenis ini mampu berperan mengubah protein kedelai menjadi asam amino yang menjadikan tempe mudah dicerna oleh manusia. Jamur ini juga menghasilkan ensim fitase yang berfungsi membantu penyerapan lebih optimal mineral seperti zinc, zat besi dan kalsium pada pencernaan manusia. Selain itu, Rhizopus oligosporus menghasilkan enzim-enzim protease. Perombakan senyawa kompleks protein menjadi senyawa-senyawa lebih sederhana adalah penting dalam fermentasi tempe, dan merupakan salah satu faktor utama penentu kualitas tempe, yaitu sebagai sumber protein nabati yang memiliki nilai cerna amat tinggi.
Rhizopus oligosporus juga berperan dalam oncom putih. Jamur tempe mempunyai hifa yang berguna untuk menyerap makanan dari kacang kedelai. Dalam waktu dua sampai tiga hari, kumpulan hifa tersebut akan membungkus kedelai yang kemudian disebut tempe. Selain pada tempe, jamur ini juga dapat tumbuh di tempat-tempat yang lembab.

Rhizopus oligosporus membentuk hifa penetrasi rata-rata 1400 μm2 (+300μm2) diluar permukaan kotiledon dan1010μm2 (340μm2) pada bagian dalam (flat). Hifa terinfiltasi pada 742 μm2 atau sekitar 25% rata-rata lebar kotiledon kedelai.

No comments:

Post a Comment