Tuesday, May 1, 2018

Peranan Bakteri Dalam Bidang Industri






Agrotekno Lab
087875885444
Jual Culture Mikroba Untuk Industri Dan Riset

Bakteri adalah kelompok organisme berukuran sangat kecil (mikroskopik) dan serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi.. Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria)  termasuk ke dalam domain prokariota dan tidak memiliki membran inti sel. Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat di bidang pangan, pengobatan, dan industri. Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dan kloroplas. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks.
Bakteri dapat ditemukan di hampir semua tempat: di tanah, air, udara, dalam simbiosis dengan organisme lain maupun sebagai agen parasit (patogen), bahkan dalam tubuh manusia. Pada umumnya, bakteri berukuran 0,5-5 μm, tetapi ada bakteri tertentu yang dapat berdiameter hingga 700 μm, yaitu Thiomargarita. Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel tumbuhan dan jamur, tetapi dengan bahan pembentuk sangat berbeda (peptidoglikan). Beberapa jenis bakteri bersifat motil (mampu bergerak) dan mobilitasnya ini disebabkan oleh flagel.
Bakteri merupakan organisme mikroskopik. Hal ini menyebabkan organisme ini sangat sulit untuk dideteksi, terutama sebelum ditemukannya mikroskop. Barulah setelah abad ke-19 ilmu tentang mikroorganisme, terutama bakteri (bakteriologi), mulai berkembang. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, berbagai hal tentang bakteri telah berhasil ditelusuri. Akan tetapi, perkembangan tersebut tidak terlepas dari peranan berbagai tokoh penting seperti Robert Hooke, Antony van Leeuwenhoek, Ferdinand Cohn, dan Robert Koch. Istilah bacterium diperkenalkan di kemudian hari oleh Ehrenberg pada tahun 1828, diambil dari kata Yunani βακτηριον (bakterion) yang memiliki arti "batang-batang kecil". Pengetahuan tentang bakteri berkembang setelah serangkaian percobaan yang dilakukan oleh Louis Pasteur, yang melahirkan cabang ilmu mikrobiologi. Bakteriologi adalah cabang mikrobiologi yang mempelajari biologi bakteri.


No
Bakteri
Produk
Kegunaan
1.
Clostridium asetobutylicum

Aseton-Butanol
Pelarut : Pembuatan bahan kimia
2.
Bacillus polymyxa
Enterobacter aerogenes



Buthanedhiol
Pelembab intermediat kimia
3.
Gluconobacter suboxydans

Dihidroksiaseton
Bahan Kimia halus
4.
Pseudomonas sp
Asam-2 Ketoglekunat
Intermediet untuk asam D-araboaskorbat
5.
Gluconobacter suboxydans


Asam 5-ketoglukonat
Intermediet asam tartat
6.
Lactobacillus delbrueckii

Asam Laktat
Produk pangan, tekstil, dan pe\mbuatan bahan kimia, menghilangkan kapur dari kulit binatang
7.
Bacillus subtillis
Amilase bakteri
Memodifikasi pati, merekatkan kertas, melepaskan perekat pada tekstil
8.
Bacillus subtilis
Protase bakteri
Memperhalus struktur dan urat kulit binatang, melepaskan serat, penghilang noda, pengempuk daging
9.
Leuconostoc mesenteroides


Dekstran

Stabilisator dalam produk pangan, pengganti plasma darah
10.
Gluconobacter suboxydans

Sarbose
Pembuatan asam askorbat
11.
Streptomycesalivaceus
Propionibacterium
freudenreichii
Kobalamin
Pengobatan anemia pernisiosa, pelengkap makanan, dan makanan ternak

No comments:

Post a Comment